Rabu, 17 September 2008

puasa ramadhan, apa hikmahnya ya?




Sudah 17 hari kita melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada bulan yang penuh rahmat dan berkah.
Namun, pernahkah kita menyadari akan hikmah dari puasa itu sendiri dari kalangan kaum akhwat ? Mungkin, hanya sebagian orang saja yang benar - benar memahami akan hal itu, bahkan bisa jadi kita para kaum akhwat sendiri kurang memahami akan hikmah dari puasa ramadhan itu sendiri.
Puasa ialah menahan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Adapun, yang dimaksud dengan menhan nafsu bukan hanya menahan makan dan minum atau hal - hal yang berkenaan dengan memasukkan sesuatu ke mulut. tapi, pada hakikatnya segala sesuatu yang berkenaan pasti dengan perasaan ataupun penyakit hati ( seperti: marah,iri, dendam, ataupun penyakit hati lainnya).
Kaum Akhwat notabenenya selalu mengutamakan perasaannya. Seperti dalam contoh siapakah yang sering senang bergosip ?, siapakah yang selalu memiliki keinginan untuk dimanja dan selalu diperhatikan ? Tentu sudah pasti jawabannya adalah para kaum akhwat. Memang begitulah, para kaum akhwat tingkat peka pada perasaannya lebih tinggi daripada para kaum ikhwan. Nah, pada bulan puasa ini hikamh bagi kaum akhwat adalah sebagai pelatihan diri selam sebulan untuk bisa dan dapat mengendalikan perasaannya tersebut. Sebagai contoh : Ada seorang gadis berumur 15 tahun yang memiliki kebiasaan marah apabila diejek sedikit oleh orang lain. Nah, dari kita berpuasa setelah menahan nafsu dan emosi kita selama bulan puasa tersebut gadis itu akan mengalami perubahan yang mendasar. Karena dia akan berpikir berkali - kali untuk dapat meluapkan emosinya itu dan dia akan muali terbiasa untuk bersabar. Setelah puasa ramadhan selesai pasti gadis itu akan mengalami perubahan dari akhlaknya yaitu akan lebih bersabar dalam menghadapi orang lain. Jadi, pada intinya yaitu sebagai pelatihan diri dari sifat - sifat akhwat itu sendiri yang memiliki kecenderungan pada tingkat perasaanya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya sepakat dengan postingan anda satu ini. Karena memang real dan sangat membuktikan bahwasanya cewek lebih sensitif apabila dibandingkan dengan cowok karna cowok lebih memiliki sifat cuek. Sekarang lebih banyak mana manusia yang nantinya masuk neraka cewek atau cowok ? hal itu sudah cukup membuktikan pernyataan anda memang benar dan memang benar harusnya yang lebih memahami hakikat dari puasa itu para akhwat.